3.15.2012

Filled Under:

Manfaat Kulit Manggis

Manfaat kulit manggis

Selamat pagi sobat bung-klon.
Di postingan kali ini bung-klon akan berbagi informasi mengenai manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh manusia.
Apakah sobat tau ternyata selain daging-nya yang enak di makan ternyata manfaat kulit manggis itu juga banyak sekali.selain daging,kulit manggis,ternyata kulit dari kayu manggis sendiri juga bisa di manfaatkan.


seperti kita ketahui kulit manggis sudah mempunyai julukan yang sangat fenomenal yaitu "QUEEN OF THE FRUIT" yaitu ratu dari segala buah.Pasti dari sini anda bertanya,kenapa manggis mendapat julukan seperti itu,ya jawabanya bukan hanya manfaat kulit manggis saja tetapi antioksidan yang terkandung di buah manggis ini sangat besar.antioksidan dari buah manggis ini Kadarnya mencapai 123.97 mg per 100 ml,sungguh betapa besar manfaat kulit manggis jika kita manfaatkan dengan baik.

Bukan hanya daging buahnya, yang dapat dimanfaatkan. Bagian lain dari tanaman manggis, ternyata juga bermanfaat. Seperti batangnya, yang dapat digunakan untuk bahan bangunan, kayu bakar dan kerajinan. Sedangkan kulit batangnya, untuk bahan pewarna dan air rebusannya untuk pengobatan sakit mencret.
Sejak tahun 60-an, manggis memang sudah populer dan digemari masyarakat dunia, bersama dua
buah tropis lainnya, yaitu mangga dan durian.


Manfaat kulit manggis Hingga di ekspor-nya keluar negeri  



Kesukaan konsumen luar negeri terhadap manggis, dapat dilihat dari ekspor manggis Indonesia ke beberapa negara Asia, Eropa dan Amerika. Sebagai gambaran, pada tahun 1986 ekspor manggis Indonesia baru sebesar 3.671 kg senilai USD 6.850 yang pada tahun 1990 meningkat menjadi 357.543 kg senilai USD 599.275. Dan hingga tahun 1995, ekspor buah hitam ini meningkat lagi hingga USD 876.566.
Gambar manggis sesuai Kriteria siap di ekspor

MEMANG manggis yang memenuhi kriteria untuk ekspor masih belum banyak, yaitu baru 20 persen dari produksi yang ada. Tetapi meskipun masih kecil, namun manggis tetap menjadi kejaran konsumen luar negeri, sehingga pasokannya dari waktu ke waktu terus meningkat.

Tidak percaya kalau permintaan buah manggis dari dalam dan luar negeri terus meningkat?

Coba dengar pengakuan Agus A.R (35), seorang petani sekaligus pensuplai pada eksportir manggis .Petani muda ini, mengaku kewalahan menerima permintaan manggis, karena permintaannya setiap hari jauh lebih tinggi dibanding jumlah pasokan dari petani terutama petani dari Jawa Barat.
"Jangankan untuk pasar ekspor, sekarang untuk mencukupi kebutuhan buah manggis untuk pasar lokal saja sangat sulit," jelas Agus. Untuk mengatasi masalah produksi yang tidak seimbang dengan permintaan tersebut, saat ini Agus sedang membuka lahan produksi manggis secara besar-besaran di Kab. Garut. Diharapkannya, dengan cara itu dapat mendongkrak produksi manggis Jawa Barat yang memang lebih terkenal dibanding manggis dari daerah lain.

Untuk mempercepat produksi, dipersiapkannya ratusan ribu bibit manggis unggul genjah untuk para petani yang akan dibinanya. Namun sayangnya, sampai saat ini belum banyak petani yang menjadi plasma. Padahal bila melihat peluangnya, buah manggis cukup potensial untuk dikembangkan. Permintaan dari berbagai negara di dunia, yang setiap harinya terus meningkat, merupakan bukti bahwa manggis merupakan buah unggulan.

Bayangkan saja, setiap harinya Agus diminta mengirim buah manggis untuk eksportir yang dikelola oleh kakanya mencapai puluhan ton ke negara seperti Jepang, Hongkong, Taiwan, Korea serta beberapa negara Eropa seperti Belanda, Jerman, Perancis dan Austria. Di negara-negara tersebut, si "Hitam Manis ini menjadi buah favorit, sehingga tidak heran kalau harganya mahal dan dijualnya pun di tempat eksklusif.

saya yakin,setelah membaca dari sini mungkin anda sudah "NGILERR".. :D untuk ingin mencicipi buah manggis.Saya akan memberikan tips mengenai cara mengolah manfaat kulit manggis ini agar menjadi jus yang bermanfaat.

Mengolah Manfaat Kulit Manggis

Alat :

  • Blender
  • Pisau
  • Gelas
  • Sendok

Bahan :

  • Buah Manggis 2 Buah ukuran sedang
  • Air
  • Gula Secukupnya (lebih baik tidak menggunakan gula)

Cara Mengolah Buah Manggis :


  • Cuci terlebih dahulu buah manggis sampai bersih, kemudian kupas kulit manggis bagian luar yang keras dengan pisau.
  • Selanjutnya belah dan pisahkan biji dengan isi Manggis.
  • Siapkan blender dan masukkan air sebanyak 200 Ml serta kedua buah manggis yang sudah dikupas dan dibersihkan. (Alternatif bisa diberi gula)
  • Blender sampai halus
  • Kemudian jus siap dihidangkan

Rasa dari jus buah manggis ini adalah manis sepat, sepat yang dihasilkan dari kulit buah manggis.
Catatan:jika ada warna kekuningan sebaiknya sebelum di blender,kulit yang keras dari manggis supaya di kupas dulu agar sewaktu di blender kulit manggis tidak berwarna kuning setelah di saring.
Jika anda Ingin untuk tidak repot saya sarankan untuk konsumsi jus kulit manggis yang sudah di olah oleh pabrik yang higenis,daripada repot silahkan langsung ke TKP.

Baiklah,sekian sedikit pengetahuan yang dapat saya bagikan ke NETTER semua semoga artikel saya ini bisa bermanfaat untuk yang sudah mau mengunjungi blog butut saya ini.

Tunggu episode selanjutnya saya akan mengupas lebih tuntas tentang manggis,jadi jangan sungkan untuk kembali lagi,baiklah akhir kata saya ucapkan:
Saya Mulai senang posting





5 komentar:

rihsan mengatakan...

wah manfaat nya banyak bgt yah sob
kutas-s

tips kesehatan mengatakan...

ternyata selain buahnya kulitnya juga bermanfaat,,,


thanks infonya :)

jeli gamat mengatakan...

banyak banget manfaatnya ya , nice info

ace maxs mengatakan...

tak hanya memiliki rasa yang enak, ternyata kulitnya dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh

Cara mengobati penyakit ambeien mengatakan...

sssiiiipp... buah manggis memang Queen of Fruit's dahhh..
mantaap manfaatnya...
setuju?!
lanjutkaann,,
:D